image1

Jokowi: Pelabuhan Kuala Tanjung Akhir Tahun Diresmikan

finance.detik.com, Tanggal 26/02/2017

Sydney - Pemerintah lewat BUMN pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I), terus menggenjot pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Internasional sebagaimana yang diharapkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, dengan progres sudah mencapai 68%, pengembangan pelabuhan yang digadang-gadang menjadi pesaing Singapura itu akan selesai sesuai target yakni akhir tahun ini. 

"Ini Kuala Tanjung sudah selesai 68%, dikerjakan 2015, kalau bekerja dicek terus, di-press, mereka bekerja, orang kita ini bisa. Akhir tahun sudah bisa diresmikan," kata Jokowi di depan ribuan WNI yang memenuhi International Convention Center (ICC) Sydney, Australia, Minggu (26/2/2017).

Selain itu, kata Jokowi, dirinya juga menginginkan BUMN-BUMN pengelola pelabuhan bisa menggandeng operator pelabuhan besar luar negeri. Tujunnya agar patner luar negeri BUMN bisa membawa kapal-kapal yang jadi pelanggan mereka bisa bersandar di pelabuhan-pelabuhan Indonesia. 

"Saya ingin juga dari BUMN kerjasama dengan pelabuhan-pelabuhan besar, supaya mitra kerjanya masuk ke Indonesia, Pelindo dengan Port of Rotterdam, dengan Port of Dubai. Kalau enggak kerjasama atau kita sendiri sulit jadi besar. Karena perlu keahlian manajemen, mengelola logistik bukan hal yang mudah," paparnya.